Cari Blog Ini

Jumat, 05 Mei 2017

Cerita bersama The Lodge Maribaya

Bandung - Lembang dan sekitarnya salah satu tempat favorit saya untuk berlibur singkat.. ga ada bosennya untuk menghabiskan watu berlibur ke kota kembang - Bandung. Kebetulan salah satu objek wisata yang masih terbilang baru dan hits dikawasan Lembang yaitu The Lodge Maribaya. Kalau sebelumnya banyak yang kenal dengan Maribaya Resort, ternyata ini sangat berbeda dengan kawasan The Lodge Maribaya.

Jadi, sekitar bulan Februari 2017 yang lalu,, saya dan 3 teman liqo saya pergi berlibur ke the lodge maribaya yang sudah kami recanakan sejak tahun lalu. Rencananya liqo kami selalu mengadakan kegiatan rihlah setahun sekali, namun rencana hanya lah sebuah rencana.. Karena murobi kami sedang sibuk, jadi hanya kami berempat yang pergi berlibur.

Akses Menuju The Lodge Maribaya

Dari Bandung menuju The Lodge Maribaya banyak akses yang bisa ditempuh. Lokasinya berada dikawasan menuju arah Tebing Keraton dekat Cibodas.
  1. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melakukan perjalanan melalui jalur setia budi dan juga bisa melewati jalur dago giri. Jika menggunakan mobil pribadi perjalanan bisa di tembuh sekitar 1 - 1.5 jam.
  2. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, ada angkot yang bisa digunain untuk kesana. Kita bisa naik angkot menuju Pasar Panorama Lembang. Angkotnya bewarna putih tujuan St Hall - Lembang. Setelah itu kita jalan sedikit belok kiri masuk pasar dan cari angkot rute Lembang - Cibodas. Ada 2 angkot, warna putih dan kuning. Tapi untuk akses pulang, kita mesti sabar lagi dengan angkot karena hanya terdapat 1 atau 2 angkot yang hanya jalan kalau penumpangnya sudah penuh.
  3. Opsi lainnya yaitu bisa menggunakan grab, gokar, uber dan sejenisnya dengan biaya yang bervariasi. Untuk akses pulang disaranin pesan grab/uber 1 jam sebelumnya. Karena uber dan grab nya banyak dikawasan lembang, jadi butuh waktu untuk bisa sampai ke The Lodge Maribaya jemput penumpang.
Dari lembang ke The Lodge Maribaya lebih kurang 30 menit. Perjalanan menanjak dan sebagian masih banyak yang berlobang. Kalau bilang ke Maribaya, kita bisa diantar menuju Resort Maribaya. Jadi pastikan kita kasih taunya The Lodge Maribaya. Dari Maribaya resort masih ada sekitar 5km lagi lanjut ke atasnya.

Perjalanan

Saya dan teman-teman berangkat dari Bekasi subuh pukul 05.00 pagi dengan kendaraan mobil pribadi. Ekspektasi kami perjalanan dari Bekasi - Bandung memakan waktu 3 jam .. tapi realitanya kami tiba di The Lodge Maribaya pukul 09.00 dengan bermodal GPS. Sejujurnya, selama saya mondar mandir ke Bandung, saya hanya tau rute jalur Lembang. Dan ini merupakan perjalanan pertama kali saya ke Bandung melalui rute Dago yang treknya belum saya pernah temui. Mungkin bagi para cowok-cowok akan beranggapan biasa aja jalan tanjakkan di Dago. Tapi menurut saya yang baru banget bisa nyetir dan biasa nyetir dengan keadaan jalan seperti di Puncak dan Lembang dengan jalan yang lebar dan tanjakkan yang gak terlalu ekstrim. Jadi agak syok ketika di arahkan oleh GPS melalui rute Dago.. Saya pikir setelah melalui rute tanjakkan Dago saya bisa sedikit lebih lega.. ternyata oh ternyata, masih ada jalur hutan sebelum sampai di lokasi. Jalur hutan ini hukumnya wajib untuk di lalui. Dan tanjakkan di jalur ini jauh lebih ekstrim dari yang lain di tambah lagi dengan kondisi jalan yang rusak dan berlubang.

Dan ini perasaan bahagia kami ketika akhirnya sampai di lokasi parkir mobil..

Perasaan lega, tegang sudah hilang selama perjalanan, plus laper juga karena ga sempat sarapan,, sarapan roti di dalem mobil selama perjalanan..

Dari parkiran mobil ini masih jauh untuk sampai di lokasi pintu masuk The Lodge Maribaya.. Dari Parkiran mobil sudah disediakan angkutan gratis untuk bisa sampai ke lokasi,, jadi kalian tenang aja ga perlu lagi tuh capek capek jalan.. karena lumayan jauh sis untuk sampai ke pintu masuk..

Free Shuttle dari parkiran mobil ke pintu masuk the lodge maribaya, dan sebaliknya
Tarif Parkir di The Lodge Maribaya
Setelah kita tiba di lokasi, kita harus membeli karcis terlebih dahulu..

Di sana sudah ada papan petunjuk untuk masuk ke lokasi.. Sebelum kita menikmati 4 fasilitas wahana, kita akan memasuki tempat spot foto dengan pemandangan yang indah..

The Lodge Maribaya ini menyediakan 4 fasilitas wahana yaitu :
  1.  Zip Bike
  2.  Bamboo Sky
  3.  Mountaint Swing
  4.  Sky Tree
Karena kita berlibur di saat weekend dan kita sampai di lokasi sudah siang, jadi kita hanya menikmati 3 fasilitas wahana yaitu Zip Bike, Bamboo Sky dan Mountaint Swing.. Sebelum kita menikmati fasilitas tersebut, kita harus antri beli tiket terlebih dahulu.. Antri tiket di bagi menjadi tiga bagian.. kita jadi bagi dua tim antri tiket, yang pertama untuk antri tiket bamboo sky dan mountaint swing, dan teman saya eka antri untuk tiket Zip Bike.. Kita sengaja bagi dua tim karena antriannya yang luar biasa..

Shock ya lihat antriannya yang parah banget

Wahana yang kita coba pertama kali..

1. Zip Bike

Alasan kita memilih zip bike karena lokasinya yang ada di bawah dan antriannya yang paling panjang.. Dengan biaya 25K kita bisa menikmati pengalaman bermain sepeda hanya diatas seuntai tali. Jadi jika di foto kita terlihat seperti bermain sepeda melayang dihamparan pemandangan alam. Bagi saya saat melihat orang-orang menaiki zip bike ini terlihat mudah dan asyik.. Tapi, setelah dinaiki,, luar biasa deg deg annya... goes sepedanya aja udah gemetar karena ketinggiannya yang luar biasa.. di tambah lagi mas mas penjaga yang jail banget, iseng goyang tali sepeda saat saya sedang goes sepeda.. seketika itu juga saya jadi ga denger suara tukang poto yang sedang instruksi gaya foto..

Antrian Zip Bike yang melatih kesabaran banget

Hasil Karya tukang poto
2. Bamboo Sky

Ini merupakan spot foto yang bagus.. Foto di spot ini seperti foto di rumah pohon, tapi bedanya ini berupa bambu. Jadi kita juga bisa berfoto kece dengan teman atau pasangan dengan latar susana hutan pinus.

Hasil karya kang poto
3. Mountaint Swing

Ini salah satu spot foto yang paling utama di The Lodge Maribaya dan yang cukup booming di instagram seolah-olah kita sedang main ayunan yang tinggi dan seperti terbang di alam bebas. Trik foto ini menggunakan penyangga ayunan bisa di putar. Jadi pengunjung bisa naik terlebih dahulu dengan bisa menajajak tanah. dan ayunan diputar kearah tebing sehingga jika difoto terlihat tinggi dan melayang terbang.

Hasil Jepret temen dengan kamera SLR sendiri

Hasil jepret si kang poto dengan lensa tele nya
4. Sky Tree

Sky tree yang sedang trend di instagram ada di kalibiru, kulonprogo jogja. Tapi, sekarang ga perlu jauh-jauh untuk menikmati spot foto sky tree berlatar hamparan pohon pinus karena di The Lodge Maribaya pun sudah ada. Karena waktu kami yang terbatas, jadi kami tidak mencoba fasilitas ini..

Selesai kami menikmati wahana yang ada The Lodge Maribaya, kami langsung naik ke atas yang searah jalan keluar melewati The Pines Cafe.. Di sini kami sempat berhenti untuk mengabadikan foto di sini..

Di belakang kami ini spot foto sky tree

The Pines Cafe
Ya ga begitu puas foto di area the pines cafe, karena suasana yang terlalu ramai dan antrian yang panjang untuk foto bergilir dengan yang lain.. Lanjut kita naik ke atas menuju pintu keluar.. Dan kita menemukan pondokan makanan, sejenak kita mampir sebentar untuk mengisi perut kita yang dari pagi belum di isi,, karena kelupaan saking asyiknya.. hhehe.. Yaa,, harga di pondok makanan ini cukup lumayan mahal sih menurut saya..

Narsisnya ga pernah bisa ilang.. hehe..

Sate + air mineral botol 50 K
Lanjut kita menuju pintu keluar kita menemukan area penukaran minuman.. Jangan lupa di tukar ya,, karena dari biaya uang masuk, sudah terdapat tiket yang bisa ditukarkan dengan minuman gratis. Pilihan minumannya ada berupa nestle orange,cola,lemon tea, dsb.

Pintu Keluar The Lodge Maribaya

Tepat di pintu keluar The Lodge Maribaya terdapat lokasi pengambilan foto dengan harga 1 foto 10K. Ada banyak pilihan foto, dan kita bisa memilih atau menghapus foto yang kita tidak inginkan. Pengiriman foto bukan dengan di cetak melainkan dengan mengirim melalui aplikasi share it. Jadi pastikan kalian sudah download aplikasinya yaa...

Setelah kami menyelesaikan pengiriman foto, kami langsung ke tempat parkiran mobil dengan menggunakan shuttle angkot yang telah di sediakan.. Tepat pukul 15.00 WIB kami kembali ke Bekasi.. Sekian pengalaman cerita saya ke The Lodge Maribaya..